Monday, April 1, 2019

Tips Melakukan Perawatan Luka Pada Penderita Diabetes

Diabetes atau penyakit gula adalah penyakit yang tidak hanya sering diderita oleh orang lanjut usia saja. Faktanya, ada banyak orang dewasa atau belum lanjut usia menderita penyakit ini. Salah satu satu dari sekian banyak ciri diabetes adalah luka lama sembuh. Hal ini dikarenakan tingginya kadar glukosa atau gula darah, sehingga menyebabkan buruknya sirkulasi darah pada si penderita. Sehingga, darah akan terhambat untuk menuju ke kulit.

Untuk penderita diabetes yang mengalami luka lama susah sembuh, berikut ini akan kami paparkan 4 cara merawat luka yang sulit sembuh bagi penderita diabetes, simak berikut ulasannya:

Lakukan Pengobatan

Cara terbaik pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan. Bersihkan terlebih dahulu luka dan kotoran yang menempel menggunakan air yang mengalir. Bersihkanlah area sekitar luka menggunakan sabun dan air setiap hari. Setelah Anda membersihkanya, keringkan lalu oleskan salep antibiotik sesuai resep dokter pada bagian luka agar terbebas dari kuman.

Ketahui Tanda-Tanda Infeksi

Beberapa kasus penderita diabetes sering mengalami luka yang terjadi infeksi. Infeksi pada luka penderita diabetes, biasanya bukan tanpa gejala. Anda harus tahu apa saja gejala-gejalanya, seperti kemerahan pada luka, rasa sakit, atau terkadang terasa hangat. Selain itu, tanda-tanda luka yang mengalami infeksi adalah terdapat air pada luka tersebut.

Mengurangi Tekanan Pada Luka

Usahakan untuk mengurangi tekanan pada luka. Karena dengan berkurangnya tekanan pada luka, maka akan lebih cepat untuk sembuh. Misalnya, jika luka tersebut berada pada telapak kaki, maka usahakanlah untuk menggunakan bantal yang empuk agar penderita diabetes tidak menginjak daerah luka tersebut.

Mengunjungi Dokter

Jika luka penderita diabetes tidak mengalami perubahan, atau tidak membaik dalam waktu 48 jam, maka disarankan untuk segera menghubungi dokter. Jika tidak segera mengunjungi dokter, ditakutkan luka pada penderita akan berkembang menjadi semakin lebih parah dan semakin sulit untuk ditangani.

Demikian penjelasan tentang cara-cara menangani luka bagi penderita diabetes. Langkah-langkah di atas bisa Anda lakukan agar luka cepat sembuh dengan penanganan yang tepat.

Advertiser

Loading...