Singa TEGAR SAFARI adalah Satu - Satunya Maskot Hidup Klub Sepak Bola Arema Malang


maskot hidup singo arema tegar safari


Tegar Safari singa pemberian alm.Taufik Kiemas sebagai maskot hidup Arema. Tegar Safari lahir di tahun Mei 1999 berjenis Panthera Leo

Masih ingat dengan singa Afrika bernama Tegar yang jadi maskot Arema di era kepemilikan PT Bentoel? Apa kabarnya setelah enam tahun meninggalkan bumi Arema ke Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), sebuah kebun binatang mini di Kota Probolinggo?

Ya, pada 2010 silam, singa bernama lengkap Tegar Safari itu diserahkan pengelola Taman Rekreasi Sengkaling yang selama ini merawatnya kepada Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) karena tak sanggup lagi merawat. BKSDA kemudian menitipkan Tegar ke TWSL Probolinggo karena dinilai layak.

"Kalau saya lihat, Tegar tidak banyak beraktivitas, kerjaannya hanya tiduran, mungkin karena umurnya yang sudah tua (17 tahun), dia jarang mengaum keras, sepertinya dia sedang batuk. Kalau dibandingkan dengan saat di Stadion Gajayana dulu, sekarang lebih kurusan dan kalau berjalan tak lagi tegap," ujar Rofi Paul, salah seorang Aremania yang memang sengaja datang berkunjung ke TWSL, kepada WEAREMANIA.

Aremania Bululawang itu juga menceritakan, waktu berkunjung, TWSL tampak sedang sepi, karena cuma ada satu pengunjung sekeluarga. Menurutnya, kandangnya kurang bersih, tidak tertata rapi, dan tidak ada petugas satu pun, hanya ada tukang bersih-bersih.

Singa Tegar merupakan hadiah dari mendiang Taufik Kiemas, suami Presiden Megawati kala itu, di musim 2003-2004 yang membuat Arema menjadi satu-satunya klub yang memiliki maskot hewan nyata seperti julukannya, Singo Edan. Setiap Arema berlaga di Stadion Gajayana Malang, Tegar selalu diarak keliling tepi lapangan, yang disambut riuh suara Aremania.

Rofi berharap manajemen Arema, Pemkot, Pemkab Malang, Pemkot Batu, atau dinas terkait berkenan memulangkan Tegar ke Malang, mengingat kondisinya yang sudah menua. Mungkin sang maskot bisa dikandangkan di Taman Rekreasi Kota (Tarekot), Jatim Park, Secret Zoo, atau dibuatkan kandang di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Jujur mungkin bukan saya saja yang kangen Tegar diarak keliling stadion sebelum Arema bermain, Aremania lainnya juga demikian. Saya sadar, mungkin biaya perawatannya tidak murah, namun semoga Tegar bisa kembali ke Malang, sayang kalau mati di Probolinggo," pungkas Rofi.

Dewasa ini banyak tim kontestan Liga1 yang mempunyai maskot tim, . Fungsinya Jelas, sebagai pelengkap suatu tim terlebih lagi sebagai media silaturahmi dengan maskot tim lain atau bahkan juga sebagai penyemangat serta penarik minat suporter untuk datang ke Stadion! __ AREMA, Mungkin jadi PERTAMA & SATU SATU NYA Tim di Indonesia yang memiliki MASKOT ASLI Alias HIDUP! 

Ya Singa bernama Tegar Safari lahir 1999, pemberian mediang Alm.Taufik kiemas (Suami Bu megawati) Dulu, Era Arema Malang main di Gajayana Singa Tegar ini selalu diajak berkeliling lapangan, terlihat Seperti sebuah ritual memang, namun itulah hal yang menajdi pembangkit semangat punggawa dan Suporter kala itu Kabar terakhir yg admin dengar tegar berada di probolinggo mengingat usinya yang mulai senja 
Maskot Singa lainnya yg di miliki AREMA adalah mbah singo si "Manusia Singa" alias pak Anwar sudarnadi yang sudah memakai kostum singanya sejak tahun 1990an dan mungkin menjadi yg pertama di Negeri ini . berat kepala singa tersebut sekisar 1,5-2kg terbayang kan memakai kepala tsb selama pertandingan? uniknya Mbah singo selalu memutari lapangan sebelum laga di mulai dan berhenti tepat di belakang gawang lawan, entah mungkin ada psywar tersendiri yang di hasilkan dari sosok mbah singo, Panjang Umur SINGA TEGAR dan MBAH SINGO. Banggalah jadi AREMA! Jangan hiraukan cemoohan orang, Sadarilah Kita sudah dulu mbois sebelum sang pencemooh itu berkembang!

maskot hidup singo arema tegar safari

Sumber :
https://www.facebook.com/NewsArema
https://twitter.com/KRlSNA