-->

Inilah 6 Hal Penting yang Wajib Ada di dalam CV Anda



CV atau yang dikenal sebagai curriculum vitae merupakan bagian terpenting yang harus dimiliki saat ingin melamar kerja. Nyatanya masih banyak diantaranya yang salah dalam membuat CV ini sehingga kesannya kurang menarik atau tidak menjual, tidak heran jika seandainya setelah memasukkan lamaran kerja tidak juga dipanggil untuk menjalani interview. Karena memang CV yang ditulis kurang menarik.

Agar CV yang dibuat lebih menjual maka berikut ini diantaranya ada beberapa hal yang harus ada di dalamnya, yaitu:

1. Data pribadi, pastikan di dalam membuat curriculum vitae menyertakan adanya beberapa data pribadi, seperti diantaranya adalah identitas diri, kemudian juga nomor telepon hingga email, sehingga nantinya pihak HRD juga akan lebih mudah di dalam menghubungi Anda.

2. Deskripsi diri, selain data pribadi, maka harus ada deskripsi diri, tak perlu bertele-tele, melainkan yang singkat saja, dengan tujuan untuk mempromosikan diri Anda sehingga nantinya akan lebih menarik perhatian dari pihak perekrut tersebut.

3. Pendidikan dan juga pelatihan yang pernah dijalani, ini sangat penting karena nantinya HRD akan melihat apakah bidang yang dilamar tersebut sesuai dengan latar pendidikan yang dimiliki atau tidak.

4. Pengalaman, kebanyakan diantara perusahaan satu ini memang mencari seseorang yang lebih berpengalaman di bidang yang mereka inginkan, sehingga jangan lupa untuk menyematkan pengalaman kerja sebelumnya. Namun pastikan harus pengalaman yang relevan atau berhubungan dengan pekerjaan yang diinginkan saat ini.

5. Prestasi, prestasi nantinya akan menjadi nilai lebih bagi Anda untuk masuk kedalam dunia kerja, baik itu prestasi semasa sekolah atau mungkin prestasi di bidang pekerjaan yang sebelumnya.

6. Keahlian tambahan, istilah lainnya adalah softskill yang dimiliki hendaknya juga harus ada, misalnya adalah memiliki keahlian di bidang bahasa asing, seperti yang sangat dibutuhkan atau dicari saat ini adalah mereka yang bisa berbicara bahasa inggris, apalagi dengan latar belakang pernah mengikuti les bahasa inggris dengan pengajar profesional.

Dengan CV yang berkualitas akan memperbesar peluang untuk bisa diterima bekerja di perusahaan yang dituju tersebut.

Photo by cadcamperformance.com

Disqus Comments